Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
blog-img-10

Posted by : Admin

Ini Dia Perbedaan Perhiasan Perak dan Sterling Silver!

Ketika Anda mendengar kata perak dan sterling silver, Anda mungkin berpikir keduanya merujuk pada jenis logam yang sama. Namun, perak murni dan sterling silver bukanlah istilah yang sama. Perbedaannya adalah jumlah perak murni yang ada dalam logam. Mari kita uraikan persamaan dan perbedaan antara perak murni dan sterling silver!

Apa Itu Perak Murni dan Sterling Silver?

Perak murni, juga disebut fine silver, terdiri dari 99,9% perak dan 0,1% elemen lain. Sebagai logam untuk perhiasan, perak sangat lembut dan mudah ditempa, mudah kehilangan bentuk dan aus. 

Perak murni tidak direkomendasikan untuk digunakan dalam perhiasan karena alasan ini. Untuk mengatasi masalah ini, perak dikombinasikan dengan logam lain untuk membuat paduan yang lebih kuat.

Salah satu paduan tersebut adalah sterling silver, yang terdiri dari 92,5% perak murni dan 7,5% logam lainnya, umumnya tembaga, nikel atau seng. Sterling silver jauh lebih tahan lama daripada perak murni dan sangat ideal untuk digunakan dalam perhiasan.

 

Sen Sterling Silver Long Block Earrings

 

 

Mengidentifikasi Perak Murni dan Sterling Silver

Perhiasan yang terbuat dari perak asli harus memiliki cap tertentu, yang dikenal sebagai hallmark, yang membantu mengidentifikasi perak. Tanda untuk perak murni adalah 999. Sterling silver dapat diidentifikasi dengan beberapa ciri berbeda, yang paling umum adalah 925. Beberapa ciri lain untuk perak murni adalah STER, STERLING, STG atau Sterling Silver.

Di negara lain, standar ketat ini tidak berlaku untuk perak murni. Di Eropa, logam dengan perak murni serendah 80% dapat dijual sebagai perak murni, bahkan ada yang memiliki cap 800 pada logam. Bertanyalah tentang persentase perak jika Anda ragu di manapun Anda membeli.

Hallmark sering dicap dengan huruf dan angka kecil pada bagian perak. Anda mungkin memerlukan pembesar perhiasan atau mikroskop untuk melihat stempel ini, tetapi ini adalah cara tercepat untuk memeriksa apakah perak Anda benar-benar asli.

 

Sen Sterling Silver Open Loop Earrings

Ketahanan Perak Murni dan Sterling Silver

Sterling silver sangat tahan lama dan dapat bertahan seumur hidup. Perhiasan sterling silvver  dapat dengan mudah dipoles untuk menghaluskan permukaan dan kembali ke kilau aslinya. Memperbaiki dan mengubah ukuran sterling silver juga hemat biaya dan relatif mudah. 

Namun, sterling silver cenderung pudar ketika terkena kelembaban dan udara dan harus dipoles lebih sering. Ini disebabkan oleh kandungan tembaga dalam paduan yang bereaksi dengan unsur-unsur lain dan teroksidasi.

Perak murni tidak tahan lama dalam penggunaan perhiasan, meskipun dapat digunakan dalam perhiasan seperti anting-anting dan liontin yang tidak banyak terpapar pada pemakaian berat. Perak murni juga tidak mudah pudar bahkan jika bersentuhan dengan kelembaban dan udara.

 

Sen Sterling Silver Twisted Earrings

Tips Membeli Perak

Selalu periksa apakah perak itu asli sebelum dibeli. Cari cap hallmark-nya, yang harus ditandai dengan jelas. Tanyakan kepada penjual Anda apakah itu benar-benar sterling silver dan tanyakan juga campuran logam lain yang digunakan. 

Hati-hati juga dengan penjual yang menawarkan harga lebih murah sehingga Anda menjadi tergiur. Anda banyak penjual nakal yang menggunakan logam yang tidak berkualitas untuk membuat campuran sterling silver.

 

Jadi, Anda tidak bingung lagi kan apa itu bedanya perak murni dan sterling silver? Sekarang Anda bisa lebih cermat dalam membeli perhiasan perak Anda!